Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan KIBAR secara resmi meluncurkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Jakarta, Jumat (17/06/2016). PT Kibar Kreasi Indonesia (KIBAR) bergerak untuk membangun ekosistem startup teknologi di Indonesia bersama kreator, komunitas, akademisi, media, korporasi, dan pemerintah. Menteri Rudiantara menjelaskan perkembangan industri digital saat ini akan sangat berpengaruh terhadap GDP Indonesia. Menurutnya, jika target nilai e-commerce di tahun 2020 tercapai hingga Rp130 Miliar, maka akan berdampak pada GDP menjadi 9%. Digital Economy bukan hanya e-commerce tetapi juga industri games dan perfilman yang saat ini tengah dikembangkan oleh Badan Ekonomi Kreatif.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini akan dimulai dengan 10 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Di sepuluh kota tersebut akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya, sekaligus juga menyediakan co-working space.

Gerakan Nasional 1000 startup digital ini pun membutuhkan utilitas yang mendukung.

Lintas Media Danawa (LMD) sebagai perusahaan  di Indonesia yang mengembangkan layanan Cloud Computing, mendukung program 1000 startup digital yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia dengan memberikan layanan terbaik. Salah satunya dengan produk yang dimiliki oleh LMD yaitu <a href="http://cloudindonesia.com/1000-startup-digital">Cozy On Demand</a> yang merupakan salah satu  layanan Cozy Cloud Server dari  produk Cozy. Fasilitas On Demand dari Cozy ini sesuai untuk perusahaan startup dimana kebutuhan awal resource masih rendah. Kemudian, pengembangan aplikasi dimana membutuhkan server hanya dalam kurun waktu tertentu dan penempatan aplikasi yang diakses oleh umum dan mempunyai pengunjung yang fluktuatif. Singkatnya, di fasilitas <em>Cozy On Demand</em>  ini sendiri pelanggan hanya membayar sesuai dengan pemakaian resource (RAM). Disamping itu, pelanggan bisa menaikan dan menurunkan kapasitas RAM sesuai dengan kebutuhan.

Cozy Cloud Server pun dapat diimplementasikan untuk keperluan ecommerce portal, pengembangan aplikasi, website perusahaan, portal Informasi, load balancer, firewall, email perusahaan, aplikasi Portal seperti CRM dan ERP. Keunggulan yang dimiliki oleh Cozy Cloud Server milik PT Lintas Media Danawa meliputi multi platform yaitu tidak terikat dengan teknologi tertentu (proprietary) dan tidak vendor lock-in. Tingkat security yang tinggi juga dimiliki oleh Cozy. Keamanan data pelanggan dijaga dengan memberikan availability yang tinggi (99,5%) serta confidentiality melalui penerapan ISO 27001 tentang keamanan data di level data center, serta penerapan konsep secure multitenant melalui pemisahan VLAN (VLAN segragation) di level cloud management platform. Selain itu, Cozy Cloud Server lebih ekonomis, karena tidak perlu ada license fee untuk cloud platform software-nya dan tidak perlu memakai jasa implementasi dari pihak ketiga yang bersertifikat, karena dikembangkan sendiri oleh tim internal Lintas Media Danawa.

Jenis layanan Cozy Cloud Server terdiri dari:
a. <strong>On Demand</strong> Cloud, dimana pelanggan dapat merubah resource RAM sesuai dengan kebutuhan. Tagihan akan dihitung berdasarkan penggunaan resorce.
b. Fixed Cloud, dimana pelanggan mempunyai resource (RAM, Storage) yang tetap setiap bulannya.

Sumber :
www.komifo.co.id
www.lintasmediadanawa.com
cozy.co.id

http://bit.ly/29rAMVH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar